Rabu, 20 Januari 2010

Tower Bridge



Tower Bridge adalah Jembatan Bascule, yaitu jembatan yang bisa dinaikkan, yang melintas di atas Sungai Thames, kota London. Tower Bridge terletak didekat Tower of London. Nama jembatan ini dibuat mirip dengan bangunan Tower of London. Sesekali orang menyebut Tower Bridge dengan London Bridge.
Tower Bridge dibangun sebagai jembatan yang menjadi perlintasan terakhir diatas Sungai Thames sebelum laut lepas. Jembatan bergaya arsitektur abad pertengahan ini memakai kerangka baja yang kuat dan dilapisi beton dengan pernak-pernik dekorasi yang indah.

Tower Bridge dibuat atas gagasan dari Parlemen Inggris yang pada tahun 1885 memerintahkan segera dibuat jembatan yang melintasi Sungai Thames, London. Persyaratannya cukup berat, yaitu jembatan itu harus bisa dilewati kapal-kapal bertiang tinggi. Saat itu kapal tiang tinggi banyak melewati Sungai Thames untuk keperluan perdagangan.

Horace Jones adalah Sang Arsitek yang mendesain Tower Bridge namun ketika masih dalam tahap pembuatan Horace Jones meninggal dunia. Kemudian diteruskan dan diambil alih tanggung jawab oleh John Wolfe Barry, asistennya.

Pondasi Penopang yang digunakan untuk menopang kedua menara harus kuat dan kokoh. Para pekerja membuat Caisson, sebuah kotak yang terbuat dari besi tempa dan dibenamkan ke dasar sungai. Kotak itu kemudian diisi dengan beton untuk membuat pondasi penopang.

Menara Megah
Menara terbuat dari kerangka baja anti karat yang dilapisi granit abu-abu dan batu Portland (semacam batu kapur) yang diperkuat batu bata.

Atap Kayu
Meski tampak megah, atap jembatan khusus pejalan kaki hanya terbuat dari kayu yang dilapisi seng.

Ruang Lebar
Bila Bascule jembatan dinaikkan, dibagian tengah akan terdapat ruang selebar 60 meter dan tinggi 43 meter. Kapal apa pun yang tingginya diatas 9 meter yang melewati jembatan, bisa minta jembatan dibuka.

Jembatan Bascule
Jembatan terdiri dari 2 bagian yang dapat terangkat dan dinaikkan menggunakan mesin hidrolik. Sistem Hidrolik di Tower Bridge ditemukan pertama kali oleh William George Amstrong. Sistem Hidrolik ini menggunakan 4 buah ketel uap bertungku ganda berbahan bakar batu bara. Jembatan Bascule membuat kapal-kapal bertiang tinggi tetap bisa lewat. Ketika Bascule dinaikkan, pejalan kaki tetap dapat melintasi Sungai Thames. Mereka bisa menggunakan jembatan khusus pejalan kaki setinggi 43 meter untuk naik ke tempat berjalan digunakan 2 tangga dengan 206 anak tangga di masing-masing Menara. Selain itu juga terdapat Lift Hidrolik yang sanggup mengangkat 625 orang dalam 1 jam.

Bascule digerakkan dengan Sistem Hidrolik. Uap air dari ketel membuat mesin pompa memompa air bertekanan ke akumulator. Air bertekanan itu kemudian disalurkan lewat pipa ke mesin penggerak Bascule di tonggak menara. Setiap Bascule beratnya 1.200 ton dan masih ditambah pemberat 340 ton. Pemberat dari timah hitam dan besi tuang itu berfungsi sebagai penyeimbang diperlukan waktu 60 detik untuk mengangkat Bascule.
Bascule dapat dinaikkan sampai 50 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar