Senin, 11 Januari 2010

5 centimeter

Beberapa hari yg lalu, aku menyempatkan diri utk pergi ke gramedia krn udah lama bgd aku ga beli buku. Ketika sampai disana aku melihat buku yg berjudul 5 cm karya Donny Dhirgantoro dan aku langsung tertarik membelinya, krn katanya isi dari buku itu bagus bgd.
Memang sih dari segi judulnya agak aneh tapi unik, knp hrs diberi judul 5 cm? Apa maksud dari 5 cm itu??


Penasaran kan??


Menurut aku setelah aku membacanya, aku memang merasakan 5 cm membuat aku lebih berani melangkah kedepan mengejar mimpi-mimpiku, bagaimana 5 cm menyadarkan kita utk slalu bersyukur atas segala nikmat yg telah diberikan Tuhan, krn masih bnyk orang kurang beruntung drpd kita.
Betapa kita hrs punya mimpi dan kita siap utk memperjuangkannya

Intinya buku ini menceritakan tentang persahabatan, mimpi, cita-cita dan cinta.
Jujur aku banyak belajar dari buku ini.

"PERSAHABATAN"
Betapa persahabatan adalah sebuah hubungan yg paling indah yg hrs kita jaga dan pertahankan. Aku bersyukur memiliki sahabat-sahabat yg begitu baik terhadapku, yg selalu mendukung
dlm segala hal selama itu bersifat positif, yg selalu menasehatiku disaat aku butuh.
Thanks all my bestfriend

"MIMPI"
Bahwa setiap manusia bebas pny mimpi. Bukankah setiap manusia memang hrs punya mimpi? Apa jadinya kalo manusia ga punya mimpi?

Sprti yg kita tahu, banyak orang yg takut utk bermimpi, mungkin termasuk aku. Takut mimpi kita ga tercapai yg akhirnya kita merasa sangat kecewa dan putus asa. Maka dari itu banyak orang yg tdk ingin punya mimpi. Pernah dengar ada orang yg bilang bahwa "kalo kita bermimpi jgn terlalu tinggi"

Mungkin bener kalo skrng keNYAMANan udah jadi segalanya sehingga tak ada lg yg mau mengambil risiko utk mimpi-mimpinya, tak ada lg yg mau mencari keajaiban-keajaiban dan keindahan sebuah hati...
Tapi satu hal yg hrs kita tahu, apa jadinya bila kita ga punya mimpi. KOSONG
sama aja dgn manusia yg ga percaya adanya Tuhan...KOSONG

Jadi, berMIMPIlah, bermimpilah setinggi-tingginya dan perjuangkanlah mimpi-mimpi kita dan ketika kita bisa melihat dan merasakan sebuah impian menjadi kenyataan itu adalah salah satu keindahan khususnya buat diri kita sendiri yg tdk akan terlupakan dan selalu kita kenang.

"CINTA"
Cinta itu ada utk cinta itu sendiri, bukan utk dimiliki. Cinta memang ada utk dicintai dan diungkapkan sbg jembatan baru ke pelajaran-pelajaran kehidupan manusia selanjutnya. Cinta yg akan membuat manusia lebih mengerti siapa dirinya dan siapa Penciptanya. Dan dgn penuh rasa syukur, akhirnya manusia menyadari bahwa tdk ada cinta yg paling besar didunia ini kecuali cinta Sang Pencipta kpd makhluknya. Tidak pnh ada cinta yg bisa dimiliki oleh manusia, kecuali cinta dari Sang Pencipta yang tdk pernah berpaling dari manusia dan selalu mencintai makhluk terbaik ciptaan-Nya. Tuhan tdk pernah memberikan apa yg manusia pinta, seperti CINTA...
Tuhan memberikan apa yg manusia butuhkan.
Dengan kalimat-kalimat indah ini aku jadi mengerti arti cinta yg sesungguhnya.


Didalam buku ini yg menurutku paling seru, ketika kelima sahabat itu melakukan sebuah perjalanan utk sampai ke puncak gunung MAHAMERU yg penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita dan cinta. Sebuah perjalanan yg telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bkn hanya seonggok daging yg bisa berbicara, berjalan dan punya nama.

Aku jadi pengen ke puncak Mahameru, melihat keindahan Ranu Pane, Ranu Kumbolo dan yg pasti gimana ya rasanya ketika kita bisa mencapai puncak Mahameru dgn selamat??
I think very Amazing, right?

Oia aku jg pengen kasih tahu kesimpulan dari buku ini bahwa
"Setiap kita punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kita taruh disini, didepan KENING kita...
Jangan menempel...
Biarkan...
Dia...
Menggantung...
Mengambang...
5 centimeter...
Didepan kening kita...

Jadi dia ga pernah lepas dari mata kita.
Dan selanjutnya yg harus kita lakukan adalah cuma kaki yg akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yg akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yg akan menatap lebih lama dari biasanya, dan leher yg akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yg seribu kali lebih keras dari baja. Dan hati yg akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yg akan selalu berdo'a...

Dan kita akan selalu dikenang sbg seorang yg masih punya MIMPI dan keYAKINan, bukan cuma seonggok daging yg punya nama. Kita akan dikenang sbg seorang yg percaya pd kekuatan mimpi dan mengejarnya, bkn seorang pemimpi saja, bkn org biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yg selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita dan keajaiban keyakinan manusia yg tak terkalkulasikan dgn angka berapa pun..
Dan kita ga perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud atau tdk. Krn yg bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adlh kita hanya tinggal memPERCAYAinya...

Sungguh semua itu membuat aku banyak belajar, merubah cara pandang dan jg pola pikir aku selama ini.
Dan saat ini aku sedang dlm proses menerapkan 5 centimeter...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar