Selasa, 19 Januari 2010

Menara EiffeL



Menara Eiffel adalah sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara itu telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. Dan alasan mengapa Menara Eiffel ini begitu mengagumkan adalah pertama, tentunya karena Eiffel memecahkan rekor bangunan tertinggi di dunia pada akhir abad 19. Rekor Monumen Washington di kota Washington D.C, Amerika Serikat yang memiliki tinggi 169 meter dipecahkan. Tinggi Menara Eiffel hampir 2 kali tinggi Monumen Washington yaitu 300 meter. Kedua, Eiffel melakukan tradisi zamannya. Saat itu, baja sedang diagungkan sebagai bahan bangunan terkuat, namun Alexandre Gustave Eiffel, perancangnya justru menggunakan besi tempa. Ketiga, karya seni dari kerangka besi tempa yang menjulang tinggi tersebut kerap dianggap sebagai simbol zaman keEMASan ilmu pengetahuan dan seni.

Alexandre Gustave Eiffel menandatangani kontrak untuk membangun Menara Eiffel 8 januari 1887. Menara mulai dibangun bulan april 1888 dan selesai dibangun hanya dalam waktu 1 tahun 1 bulan yaitu pada bulan mei 1889, Gustave Eiffel memimpin sendiri pembangunan yang sangat cepat itu dibantu oleh 230 pekerja.
Tahap-tahap pembangunannya adalah :
1. Pembangunan pondasi Menara menggunakan beton. Eiffel dibangun diatas tembok batu seluas 2,25 meter persegi, dibawah tembok adalah beton setebal 2 meter yang berada jauh dibawah permukaan laut.

2. Konstruksi 4 kaki, dimulai juni 1887.

3. Pembangunan anjungan pertama yang memiliki 57 meter, dimulai 7 april 1888 dan selesai pada bulan yang sama.

4. Anjunan kedua memiliki tinggi 115 meter, dibangun diatas lengkungan dekoratif. Pembangunan selesai bulan agustus 1888

5. Anjungan ketiga yang memiliki tinggi 270 meter ditambahkan setelah menara dibuka. Eiffel selesai bulan mei 1889.

Kuat dan Tahan Angin
Eiffel yang semula didesain dapat bertahan selama 20 tahun, ternyata telah bertahan selama lebih dari 120 tahun. Konstruksi Eiffel memang dibuat tahan angin, hal ini terbukti saat ada angin topan berkekuatan 160 km/jam di tahun 1977, puncak menara hanya bergoyang 15 centimeter.

Menggunakan Lift Hidrolik
Lift Menara Eiffel digerakkan oleh tenaga hidrolik, waktu tempuh keatas hanya 7 centimeter setiap jam, lift bisa membawa 2.350 wisatawan ke puncak. Ada 4 lift 2 lantai dengan dinding kaca menuju ke anjungan pertama. 2 lift lagi menuju ke anjungan kedua, lift lain membawa wisatawan ke puncak

Berat Eiffel 9.000 ton
Bahan untuk membangun Eiffel terbanyak tentunya besi tempa, jumlahnya 18.038 komponen, untuk menyatukan rangka-rangka besi dibutuhkan 2,5 juta paku. Seluruh komponen Eiffel, kalo dijumlah beratnya menjadi 9.000 ton. Karena proses memuai, saat musim panas, Menara Eiffel menjadi bertambah tinggi sedikit, yaitu 17 centimeter. Dan setiap 7 tahun, Menara Eiffel di cat ulang dengan menggunakan warna coklat lumpur dan membutuhkan sekitar 45 ton cat setiap pengecatan untuk memberi warna pada 18.038 komponen besi tempa Eiffel.

Antena Pemancar Radio
Tinggi Eiffel sebenarnya hanya 300 meter. Tapi pada tahun 1959 ia bertambah tinggi ketika sebuah Antena Radio diletakkan di puncak Menara. Ini membuat tinggi Eiffel bertambah menjadi 320 meter.
Dan diatas Eiffel terdapat Restoran yang menyediakan makanan, tinggi Restoran tersebut 95 meter dari permukaan laut.

Gustave Eiffel, Ahli Besi Tempa
Alexandre Gustave Eiffel (1832-1923) adalah seorang insinyur dan seorang ahli bangunan besi tempa, sebelum membangun Menara Eiffel, ia telah membangun banyak jembatan, kubah dan atap bangunan di seluruh dunia dengan menggunakan besi dan baja. Bangunan terkenal yang juga dirancangnya adalah Patung Liberty, Amerika Serikat. Kehebatannya dalam membuat struktur besi tempa membuatnya dijuluki "Ahli Besi Tempa".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar